Sabtu, 14 Juni 2014

ASESMEN BAGI ANAK YANG MEMERLUKAN LAYANAN PENDIDIKAN KHUSUS



  1. PENGERTIAN ASESMEN
Asesmen memiliki beberapa pengertian yang pada dasarnya adalah  suatu prosses untuk mengenal dan memahami lebih dalam tentang sesuatu. Menurut Ronald L. Tailor merupakan proses pengumpulan informasi atau data tentang penampilan individu yang relevan untuk mengambil keputusan, sedangkan menurut John Salvia & James E Ysseldyke (1981), asesmen sebagai suatu proses untuk menentukan dan memahami penampilan individu-individu dan lingkungannya.
Pada tahun 1991, Munawir Yusuf mendefinisikan Deteksi kelainan Anak (DKA) sebagai usaha guru dan orang tua untuk mengetahui apakah anak didik memiliki kelainan fisik, mental, emosi, dan sosial.
Kegiatan asesmen memberikan manfaat antara lain :
1.    Untuk mengetahui mengenai identitas anak secara lengkap dan terperinci
2.    Untuk mengetahui tingkat kemampuan dan kebutuhan anak
3.    Pedoman untuk mengklasifikasi dan menyusun program-program kegiatan anak
4.    Pedoman untuk penyusunan program dan strategi pengejaran
5.    Pedoman untuk penyusunan pengajaran individu