- PENGERTIAN ASESMEN
Asesmen
memiliki beberapa pengertian yang pada dasarnya adalah suatu prosses untuk mengenal dan memahami
lebih dalam tentang sesuatu. Menurut Ronald L. Tailor merupakan proses
pengumpulan informasi atau data tentang penampilan individu yang relevan untuk
mengambil keputusan, sedangkan menurut John Salvia & James E Ysseldyke
(1981), asesmen sebagai suatu proses untuk menentukan dan memahami penampilan
individu-individu dan lingkungannya.
Pada tahun 1991, Munawir Yusuf mendefinisikan Deteksi
kelainan Anak (DKA) sebagai usaha guru dan orang tua untuk mengetahui apakah
anak didik memiliki kelainan fisik, mental, emosi, dan sosial.
Kegiatan asesmen memberikan manfaat antara lain :
1. Untuk
mengetahui mengenai identitas anak secara lengkap dan terperinci
2. Untuk
mengetahui tingkat kemampuan dan kebutuhan anak
3. Pedoman
untuk mengklasifikasi dan menyusun program-program kegiatan anak
4. Pedoman
untuk penyusunan program dan strategi pengejaran
5. Pedoman
untuk penyusunan pengajaran individu